Kamis, 13 Januari 2011

Kata-kata Ketika Bertamu, Memasuki Rumah dan Tanya

Bahasa Jepang memmiliki frase formal untuk tindakan tertentu. Ketika kamu berkunjung ke rumah atasan atau guru untuk pertama kalinya, ini akan membantu kamu untuk lebih mengekspresikan rasa terimakasih kamu. Aku kasih beberapa ekspresi umum yang biasanya digunakan ketika berkunjung ke rumah Jepang.


Tamu Konnichiwa
こんにちは
Gomen kudasai
ごめんください
Tuan rumah Irasshai
いらっしゃい
Irassaimase
いらっしゃいませ
Yoku irasshai mashita
よくいらっしゃいました
Youkoso
ようこそ

Gomen kudasai secara harafiah berarti Maafkan saya telah mengganggu Anda, Hal ini sering digunakan ketika berkunjung di rumah seseorang. Irassharu adalah bentuk kehormatan atau keigo dari kata kerja kuru / くる (datang). Semua kata ekspresi tadi berarti "Selamat datang". Kata Irasshai kurang formal daripada ekspresi lainnya. Ini tidak boleh digunakan ketika seorang tamu lebih unggul daripada tuan rumah.

Ketika Anda Masuk ke  Sebuah Kamar
Tuan rumah Dozo oagari kudasai
どうぞお上がりください
Silakan masuk
Dozo ohairi kudasai
どうぞお入りください
Dozo kochira e
どうぞこちらへ
Dengan cara ini, silakan
Tamu Ojama Shimasu
おじゃまします
Permisi
Shitsurei Shimasu
失礼します

Dozo sangat berguna dalam ekspresi dan berarti silakan. Penggunaan kalimat Jepang itu cukup sering. Dozo oagari kudasai secara harafiah berarti Silakan datang. Hal ini dikarenakan rumah-rumah Jepang biasanya memiliki lantai ditinggikan di pintu atau genkan dan langkah untuk pergi ke rumah. Kemudian, yang dikenal juga tradisi melepaskan sepatu di genkan tersebut. Kamu mungkin ingin memastikan kaus kaki kamu tidak memiliki lubang sebelum mengunjungi rumah Jepang. Sepasang sandal sering ditawarkan untuk dipakai di rumah. Bila kamu memasukkan sebuah tatami atau tikar jerami di ruangan tersebut, kamu harus melepas sandal.

Ojama Shimasu secara harafiah berarti Aku akan mendapatkan cara Anda atau Aku akan mengganggu Anda (dalam artian Positif). Hal ini digunakan sebagai ucapan sopan saat memasuki rumah seseorang. Shitsurei Shimasu secara harafiah berarti Aku akan bersikap kasar. Ungkapan ini digunakan dalam berbagai situasi. Ketika memasuki rumah seseorang atau ruang, yang berarti Maaf saya menyela. Ketika meninggalkan rumah digunakan sebagai saya meninggalkan atau Maaf, Selamat tinggal.

Dibawah ini ada beberapa referensi kata-kata tanya dalam bahasa Jepang.
どの よう にDonoyouni? Bagaimana?
(なに) = Nani?
Apa?
なぜ  = Nande?
Mengapa?
いつ  = Itsu?
Kapan?
どこ = Doko?
Dimana?
だれ  = Dare?
Siapa?
どれDore?
Yang mana?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar